Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan dalam memilih Celana Dalam untuk Olahraga | merdeka.com - merdeka.com

loading...

Merdeka.com - Banyak pakaian yang memang didesain khusus dengan bahan yang tepat untuk berolahraga. Namun sayangnya hal yang sama tak mudah ditemukan pada baju dalam padahal hal ini sangat penting.

Memilih pakaian dalam untuk olahraga yang salah terutama pada wanita dapat sangat berpengaruh pada kesehatan terutama pada area pribadi. Jika salah dalam memilih celana dalam, maka dapat muncul jamur yang menyebabkan infeksi atau infeksi saluran kemih pada seseorang.

"Wanita yang sudah pernah mengalami masalah sebelumnya lebih mudah mengalami kembali serta harus sangat memperhatikan celana dalam yang mereka gunakan untuk olahraga," jelas Renee Mestad, M.D. dari Upstate University Hospital, Syracuse, New York, dilansir dari Greatist.

"Masalah dengan area sekitar vagina adalah bahwa sebagian besar wanita tidak duduk dan membuka cukup lebar sehingga udara dapat menghilangkan kandungan air yang ada. Bagian tubuh seperti dada, punggung, atau kaki, terpapar cukup udara yang membantu air (keringat) untuk menguap. Sedangkan pada bagian di antara kaki tak semudah itu," sambungnya.

Masalah keringat ini tentu saja bisa ditangani dengan lebih baik jika kamu memilih celana dalam yang tepat. Cara lain yang bisa dilakukan adalah segera mengganti baju dan lekas mandi usai berolahraga. Untuk lebih tepat dalam memilih pakaian dalam yang digunakan untuk berolahraga, beberapa hal ini harus kamu perhatikan.

Memilih Bahan yang Tepat

Bahan kain[1] yang paling sesuai untuk berolahraga antara lain adalah polyester, nilon, dan sports wool. Selain itu berbagai bahan alami seperti katun dan katun bambu juga dapat dipilih untuk olahraga ringan namun tak cocok untuk olahraga berat karena mudah menyerap keringat.

Jangan Cuci Pakaian Dalam dengan Pelembut

Pada bahan yang tak menimbulkan kelembapan ini, cara mencuci merupakan salah satu hal yang harus sangat diperhatikan.

" Kain[2] yang tak lembap merupakan hal yang baik, namun tak dapat bertahan selamanya," jelas Mestad.

"Jika wanita menggunakan pelembut kain pada cucian mereka yang merupakan pakaian olahraga, maka hal ini dapat merusak kandungan kain yang mencegah munculnya kelembapan," sambungnya.

Pilih yang Mengandung Katun

Katharine O'Connell-White, M.D., dokter kandungan dari Boston Medical Center menyebut bahwa penting bagimu untuk memilih pakaian dalam dengan kandungan bahan katun.

"Hal yang paling penting adalah mengenai kain yang menyentuh langsung kulit," jelas O'Connell-White.

"Hampir tak pengaruh jenis celana dalam yang kamu gunakan, selama terdapat bagian katun pada bagian tengah yang menyentuh vulva," jelasnya.

Semakin Banyak Kain Semakin Lembap

Setelah menentukan bahan, salah satu hal yang penting ditentukan adalah potongan dari celana dalam tersebut. Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah bahwa semakin banyak kain yang digunakan dalam celana dalam, maka semakin baik dalam menyerap kelembapan.

Namun bukan berarti celana dalam semacam thongs juga baik untuk digunakan karena bentuknya justru dapat memunculkan dan mengantarkan bakteri. Oleh karena itu, pilihan paling tepat adalah memilih celana dalam yang paling nyaman kamu gunakan.

Walaupun bakal sulit menemukan celana dalam yang benar0benar sempurna untuk berolahraga, namun kamu bisa memilih yang menurutmu paling nyaman. Untuk menangkal dampak negatifnya kamu bisa langsung berganti baju dan mandi setelah berolahraga. [RWP]

References

  1. ^kain (www.fimela.com)
  2. ^Kain (www.fimela.com)

sumber

0 Response to "Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan dalam memilih Celana Dalam untuk Olahraga | merdeka.com - merdeka.com"